Aktivita Kemasyarakatan Pemerintahan

Hadiri HUT ke-117 GMIM Paulus Tounsaru, Wagub Steven Kandouw Ajak Jemaat Tetap Pelihara Iman dan Esensi Gereja

Trendingmanado.com – Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw menghadiri ibadah syukur HUT ke-117 Jemaat GMIM Paulus Tonsaru, Tondano, Minahasa, Minggu 28 Mei 2023.
Wagub Steven Kandouw saat sambutan mengatakan, 117 tahun bukan hanya sekedar angka, tetapi menandakan kedewasaan Jemaat GMIM Paulus Tonsaru serta pelayanannya.
“Lewat momentum ini, mari kita pertebal iman percaya kita kepada Tuhan, menjalin suasana yang harmonis antara jemaat dan masyarakat. Semuanya itu kita lakukan hanya untuk hormat dan kemuliaan namaNya,” kata Wagub.
Ia juga mengingatkan agar jemaat tetap dapat memelihara iman Kristiani tanpa mengabaikan esensi gereja, yang lebih mengedepankan damai sejahtera dan sukacita.
“Bangunan gereja ini dibangun dengan nilai yang mencapai ratusan juta. Namun apakah jemaat GMIM sudah menjadi sumber cinta kasih dan sukacita serta harapan. Itu yang harus jadi kontemplasi dan refleksi di hari ulang tahun, bukan seremonial,” ungkapnya.

Wagub mengisahkan tentang suatu bagian wilayah di India, tepatnya di negara bagian utara dekat Nepal. Menurutnya, di sana penduduknya beragama Hindu semua. Tetapi selama 300 tahun tidak didapati adanya perceraian.
Demikian juga di wilayah Iwo Jima bagian selatan Jepang, dimana, selama 80 tahun ini, tidak didapati tindak pidana ringan.
“Di sana tidak ada GMIM. Nah, apakah Jemaat GMIM Paulus Tonsaru selama 117 tahun ini, tidak ada perceraian dan tindak pidana. Itu substansinya. Jadi gereja bukan terletak pada bangunan secara fisik,” ujarnya.
Ia menyampaikan bangunan gereja dan pastori yang rampung, tetap dapat mengedepankan damai sejahtera dan sukacita.
“Puji Tuhan gereja dan pastori sudah bagus tapi substansinya itu, harus ada damai sejahtera dan cinta kasih. Harapan untuk kita semua. Kalau tidak ada itu semuanya sia-sia,” ujarnya mengingatkan.
Wagub juga memberikan apresiasi atas kesadaran dan peran jemaat yang ikut menyokong program sentralisasi Sinode GMIM.
“Saya bangga sekali dari 1.050 jemaat di Tondano Raya yang telah berpartisipasi terhadap sentralisasi Sinode GMIM,” serunya.(*)

Postingan Lainnya

Kerja Cepat dan Tuntas, Wagub Sulut Steven Kandouw Serahkan LHP Semester II Tahun 2023

red01

Tiga Calon Berebut Posisi Rektor Unima

red01

ODSK Ziarah ke Makam Pendahulu, Gubernur Olly: Kita Tidak Melupakannya

red01