Aktivita Kemasyarakatan Politik

Kordiv SDM Organisasi Pendidikan dan Latihan Bawaslu Sulut Erwin Sumampouw Bekali PTPS se-Tondano Timur

Trendingmanado.com– Kordiv SDM, Organisasi, Pendidikan dan Latihan Bawaslu Provinsi Sulut Erwin Sumampouw SP MAP memberikan pembekalan sekaligus penguatan kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Tondano Timur, Senin 22 Januari 2024.

Dalam pembekalan yang dilaksanakan di Borneo Restaurant Wengkol, Kecamatan Tondano Timur ini, Sumampouw menyampaikan hal-hal penting yang harus diketahui PTPS. “Tugas dan kerja Bapak/Ibu sangat penting.

Karena puncak Pemilu 2024 adalah pemungutan suara di tanggal 14 Februari 2024. Bawaslu Provinsi tidak mungkin dapat mengawasi di 8240 TPS yang ada di Sulut. Karena itu perlu petugas TPS yaitu Bapak/Ibu,” kata Sumampouw.
Terkait teknis pengawasan di TPS, Sumampouw menekankan PTPS harus memperhatikan jumlah pemilih yang ada di Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Karena kita harus mengenali pemilih yang terdaftar di TPS setempat. Jangan sampai ada nama yang tidak terdaftar tapi dibolehkan memilih di TPS situ,” tegasnya.
Jika terjadi kejadian seperti itu, lanjutnya, PTPS bisa menginterupsi. “Kalau ada orang ber-KTP Jakarta dan masuk di DPK dan dibolehkan melakukan pencoblosan, maka KPPS akan terkena pidana. Dan di TPS itu berpeluang dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU),” jelasnya.
Dan ketika terjadi PSU, lanjutnya, maka, Bawaslu akan melihat laporan hasil pengawasan (LHP) dari PTPS.

Karena itu, setelah dilantik, PTPS akan diberi bimbingan teknis terkait teknis pengawasan di TPS.
Iapun mengingatkan kepada PTPS untuk menjadi penyelesai masalah (problem solving) di TPS, dan bukan penambah masalah.
Hadir dalam pembekalan, Ketua Panwaslu Kecamatan Tondano Timur Frangky A Kapulang, dan Anggota Chriestio Naray (Kordiv HP2H), serta Anggota Peggy Sampouw (Kordiv P3S), para Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), staf Sekretariat Panwaslu Kecamatan Tondano Timur, dan seluruh PTPS se-Tondano Timur yang dilantik hari ini.(dik)

Postingan Lainnya

Unsrat Umumkan Nama Peserta Lulus Seleksi SNBP Tahun 2024

red01

Pilkada Minahasa: Robby Dondokambey, Figur yang Melekat di Hati Rakyat

red01

Febby Theodora Sareta, Caleg Golkar Potensial Dalam Target Mendulang Suara di Dapil Singkil-Mapanget

red01