Aktivita Kemasyarakatan Pemerintahan

Tangkap Basah Warga Buang Sampah di Sungai, Ini yang Dilakukan Walikota Manado Andrei Angouw

Trendingmanado.com– Walikota Manado Andrei Angouw menangkap basah warga buang sampah di sungai. Apa reaksinya? Ia pun turun dari mobil dinas DB 1 A, lalu menegur dua warga yang berada di atas motor. “Saat saya melewati jembatan Dendengan, kemarin sore. Saya melihat langsung ada yang membuang sampah ke sungai dari atas jembatan. Saya langsung turun dari mobil dan menegur serta mencari tau penyebab yang bersangkutan melakukan aksi tersebut,” ujar Walikota melalui postingan videonya di akun resmi @andreiangouw di jejaring media sosial, Kamis 13 Juli 2023.

Berdasarkan penuturan aparat setempat, setiap pagi ada petugas sampah yang mengangkut sampah dari depan rumah warga, termasuk rumah yang bersangkutan. “Tapi tetap saja membuang sampah di sungai. Saya segera meredam emosi dari perangkat kelurahan yang kebetulan lokasi pembuangan dekat kantor lurah, dan mengarahkan yang bersangkutan untuk diberikan sanksi tindak pidana ringan,” ujarnya.
Walikota pun mengajak seluruh warga untuk membentuk pola pikir atau mindset untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. “Ibu/Bapak, masyarakat Kota Manado yanh saya cintai, ini masalah mental; mental jorok, mental tidak peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Saya berharap dukungan dari masyarakat Kota Manado untuk bermental bersih, mental peduli terhadap sesama, terhadap lingkungan yang kita huni bersama,” imbaunya.

Warga yang ketangkap basah buang sampah di sungai berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.(Foto: ss)

Di negara maju, tidak setiap hari sampah diangkut dari rumah warga, melainkan seminggu 2 kali. “Masyarakat yang beradab itu mengeluarkan sampah mereka, sudah dibungkus di tas, pada jam yang telah ditentukan oleh pemerintah. Di Kota Manado, setiap hari kita mengangkat sampah dari depan rumah masyarakat, saya harap dukungan masyarakat untuk mengeluarkan sampah pada jam yang sudah ditentukan. Saat ini mulai malam sampai dengan subuh, dan telah dibungkus rapi di tas, untuk diangkut petugas sampah yang mulai mengangkut sampah saat subuh sampai pagi hari,” katanya menjelaskan.

Menurut Walikota, menjaga lingkungan yang ada sekarang, adalah juga untuk anak-cucu kita nantinya. “Mari sama-sama kita jaga lingkungan kita, untuk kesehatan dan kenyamanan kita, untuk anak cucu kita. Salam bAAe, saya juga mohon bantuan Ibu/Bapak untuk memberikan laporan kalau melihat ada yang membuang sampah sembarangan termasuk di saluran air, untuk mendokumentasikan lewat foto atau video dan melaporkan ke 112 lewat WA +62 851 61167112 disertai nama dan kelurahan + lingkungan kejadian dan domisili pelaku,” ujarnya.
Sementara, kepada warga yang ketangkap basah buang sampah di sungai, Walikota menginstruksikan agar diproses lanjut. Dan kedua warga itupun dalam video, mengakui perbuatan mereka, dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.(red-01)

Postingan Lainnya

Luar Biasa Kepemimpinan Bupati Jemmy Kumendong Pemkab Minahasa Raih WTP 10 Kali dari BPK RI

red01

Kemendagri Ungkap 12 Solusi dan Strategi Percepatan Realisasi APBD

red01

Pimpin Apel Kerja Bulan Maret 2024, Pj Bupati Minahasa Ingatkan Disiplin Kerja ASN dan THL

red01