Politik

Bawaslu Minahasa Supervisi Pelaksanaan ‘Patroli Kawal Hak Pilih’ oleh Panwaslu Kecamatan

TONDANO TIMUR, Trendingmanado.com— Ketua dan Anggota Bawaslu Minahasa melakukan supervisi pelaksanaan “Patroli Kawal Hak Pilih Selama Masa Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan

Daftar Pemilih Pemilu Tahun 2024′, oleh Panwaslu Kecamatan di Minahasa, Senin 27 Februari 2023.

Setelah Kecamatan Tondano Utara, Ketua Bawaslu Minahasa, Rendy Umboh, bersama Anggota Bawaslu Minahasa Erwin Sumampouw dan Ronald R Nongka, mendatangi Sekretariat Panwaslu Kecamatan Tondano Timur di Kelurahan Liningaan.

Umboh dalam arahannya mengatakan, kegiatan tersebut juga dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya mulai dari tahapan coklit hingga pelaksanaan pemungutan suara. “Sasaran masyarakat, difokuskan kepada masyarakat yang rentan dalam kerawanan hak pilih. Dan secara langsung mendatangi pemilih rentan yang berpotensi terabaikan hak pilihnya dan berpotensi disalahgunakan hak pilihnya seperti pemilih disabilitas. masyarakat adat, masyarakat yang tidak berdomisili sesuai dengan Kartu Tanda Penduduknya, serta masyarakat yang telah meninggal dunia namun masuk dalam data atau daftar pemilih di KPU,” ungkap Umboh menjelaskan Instruksi Bawaslu RI Nomor 4 Tahun 2023 tentang Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih.

Ia pun mengingatkan jajaran Panwaslu Kecamatan Tondano Timur dari Pimpinan, Sekretariat, hingga Pengawas Desa/Kelurahan (PKD) di 11 kelurahan, agar dalam agenda ‘Patroli Kawal Hak Pilih’, secara langsung mendatangi pemilih rentan yang berpotensi terabaikan hak pilihnya dan berpotensi disalahgunakan hak pilihnya

 

Selanjutnya, mendirikan Posko Pengaduan Keliling Kawal Hak Pilih; dan bentuk kegiatan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih lainnya, disesuaikan dengan kearifan lokal dan peta kerawanan wilayah masing-masing.

Usai pengarahan, Bawaslu Minahasa melanjutkan supervisi di kecamatan lain. Tampak juga mendampingi, Ketua Sekretariat Bawaslu Minahasa, Nick Kusen, dan Bendahara, Rovine Kindangen.

Ketua Panwaslu Kecamatan Tondano TimurĀ  Frangky A Kapulang bersama Anggota Panwaslu Kecamatan Tondano Timur serta Kepala Sekretariat dan staf, serta seluruh PKD, menggelar apel di halaman Sekretariat, dilanjutkan dengan Patroli Kawal Hak Pilih di lokasi yang disebut Pengumaan, yang masih termasuk Kelurahan Kiniar.(red-01)

Postingan Lainnya

Mudahkan Kerja Lapangan, Satgas Cakra Buana Sulut Terima Bantuan 30 HT

red01

Pukul Tetengkoren, Megawati Buka Kampanye GaMa di GBK, Olly: Budaya Minahasa Untuk Aura Kemenangan

red01

Pemerintah Belum Tentu Setujui Tuntutan Jabatan Kades 9 Tahun

red01