Aktivita Kemasyarakatan Pemerintahan

Tingkatkan Kapasitas SDM Kesehatan di Lapangan, Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI Fasilitasi Pelatihan Pendirian Tenda

Trendingmanado.com– Indonesia adalah negara yang memiliki potensi bencana yang menimbulkan krisis kesehatan, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas untuk upaya pengurangan resikonya.

Hal ini diungkapkan Fahmi Zam Zamy, tim dari Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI kepada wartawan di lokasi kegiatan pelatihan di Jalan Teterusan, Lapangan, Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu 1 November 2023.

Dikatakannya, penyiapan logistik merupakan salah satu komponen dari peningkatan kapasitas. “Peran logistik kesehatan pada saat bencana sangat penting dalam upaya penanganan krisis kesehatan. Dalam hal ini pemberian pelayanan kesehatan dilakukan Emergency Medical Team dan unit kesehatan lainnya,” katanya.

Fahmi juga mengatakan, pelatihan pendirian tenda ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di Regional Pusat Krisis Kesehatan. Pusat Krisis Kesehatan ini berada di bawah Kementerian Kesehatan, dimana untuk Indonesia ada 10 zona.
Sulawesi Utara sendiri adalah Regional IX Regional I yang membawahi 3 provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara.

Fahmi didampingi M. Louise Umboh dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara sebagai Koordinator Pusat Krisis Kesehatan Regional IX mengungkapkan harapannya. “Diharapkan, dengan kegiatan ini SDM kesehatan di lapangan siap melakukan upaya penanggulangan krisis kesehatan, khususnya menyiapkan tenda rumah sakit lapangan, dengan baik dan benar,” ujarnya.

Indonesia secara keseluruhan, memiliki 10 set Tenda Rumah Sakit Lapangan yang disiagakan di 10 Regional Pusat Krisis Kesehatan, dimana 1 set terdiri dari 19 unit tenda.(*)

Postingan Lainnya

Pemkab Minsel Stuban Pengelolaan Keuangan dan Pemerintahan ke Pemkab Minahasa

red01

Kristian Pongdatu: Surat Resmi Pemprov Sulut Memiliki QR Code

red01

Tombasian Atas Ikut Serta Lomba Desa Tingkat Kecamatan Kawangkoan Barat

red01