Pemerintahan

Dirjen Bina Keuda Kemendagri: Capaian Realisasi APBD TA 2022 Tertinggi Dalam 10 Tahun

Trendingmanado.com— Berbagai terobosan yang dilakukan Pemerintah dalam percepatan realisasi APBD terus menunjukkan hasil yang positif. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI merilis, realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2022, meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni mengungkapkan, capaian realisasi APBD TA 2022 adalah realisasi tertinggi dalam 10 tahun terakhir ini.

Mantan Pjs Gubernur Sulut ini kemudian merinci, realisasi pendapatan pada APBD Tahun 2022 adalah sebesar Rp1.165,98 triliun atau 97,51 persen. Sedangkan realisasi belanja APBD Tahun 2022 mencapai Rp1.156,07 triliun atau 88,20 persen. “Capaian yang menggembirakan ini berkat kerja keras dan sinergi semua pihak, baik dari kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (Pemda),” ujarnya saat menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Keuangan Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, di The Trans Resort Bali, Seminyak, Bali, Jumat 17 Februari 2023.

Fatoni menjelaskan, kerja sama antarpihak tersebut dilakukan melalui monitoring, evaluasi, asistensi, pendampingan, dan sosialisasi. Selain itu, pihak-pihak tersebut juga turun ke daerah sejak awal tahun anggaran. “Monev (monitoring dan evaluasi) dan asistensi dilakukan khususnya untuk daerah yang realisasinya rendah,” tegas Fatoni.

Fatoni juga dalam kegiatan tersebut mengungkapkan solusi dan strategi untuk percepatan realisasi APBD (baca: https://trendingmanado.com/2023/02/18/kemendagri-ungkap-12-solusi-dan-strategi-percepatan-realisasi-apbd/).(*)

Postingan Lainnya

Pemprov Persiapkan Prosesi Pelantikan 5 Penjabat Walikota/Bupati

red01

Maknai Paskah, ODSK Serahkan Hibah 25 Organisasi Keagamaan Sulut

red01

Pemkab Minahasa Kembali Raih Prestasi di Tahun 2024

red01