Aktivita Kemasyarakatan Pemerintahan

Fenomenal, HUT ke-59 Provinsi Sulut Dimeriahkan Atraksi Pesawat Tempur Siluman

Trendingmanado.com– Puncak Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Utara cukup fenomenal dan sangat berkesan. Di momentum ini, warga Sulut bisa menyaksikan langsung atraksi dari pesawat tempur siluman F-35

Upacara yang dipimpin Gubernur Sulut Prof Dr (HC) Olly Dondokambey sebagai Inspektur Upacara (Irup) berlangsung di areal Pohon Kasih Kawasan Megamas, Sabtu 23 September 2023.

Dalam sambutan Gubernur Prof.DR (HC) Olly Dondokambey bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sembari menyapa dengan ucapan terima kasih bagi para pejabat TNI Polri yang hadir bersama-sama. Dikatakannya, dalam menghadapi cakrawala yang luar biasa, dalam gemuruh ombak dan nyanyi angin yang menari, hari ini membuka lembaran baru melangkah di usia ke-59 tahun Provinsi Sulut.

Ia pun berterima kasih kepada seluruh masyarakat Bumi Nyiur Melambai dengan mengajak untuk bersama-sama menjalani dengan tekad dan semangat tak tergoyahkan. “Kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat Sulut, tetap bersama menjaga dan membawa Sulut, menjadi destinasi pariwisata terbaik di Indonesia. Namun kita harus selalu ingat bahwa perjalanan ini masih jauh dari perjuangan para pendahulu kita. Masa depan Sulut ada di tangan Anda,” tambahnya.

Lanjutnya, peringatan HUT kali ini merupakan momentum yang tepat untuk merefleksikan pencapaian sejauh ini dan juga untuk melihat tantangan dan peluang yang ada di depan. “Capaian tersebut terjadi di berbagai sektor, antara lain ekonomi, pariwisata, industri, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. Semua pencapaian ini adalah bukti nyata dari kerja keras kita dalam komitmen untuk Sulawesi Utara yang lebih maju,” ujarnya.

Di bidang spiritual, Gubernur Olly juga membeberkan, pembangunan 1.300 rumah ibadah yang baru berdampak signifikan bagi pertumbuhan iman, sehingga Sulut mendapat prestasi sebagai provinsi yang memiliki toleransi paling tinggi di tingkat nasional. “Provinsi Sulut juga mendapatkan nilai yang positif dari BPS, dimana nilai tukar petani meningkat setiap tahunnya yang menandakan peningkatan ekonomi di Sulut dirasakan hingga sampai ke pelosok-pelosok desa,” ungkapnya sembari mengapresiasikan peran dari Forkopimda dan stakeholder di Sulut atas sinergitas kuat dan konsisten dalam menjaga keamanan di Sulut. “Masa depan Sulawesi Utara ada di tangan kita sendiri. Marilah kita bersama-sama menjalani perjalanan yang penuh dengan tantangan ini, dengan bertekad dan semangat yang tak tergoyahkan untuk Sulut lebih maju,” katanya .

Tampak hadir, Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono beserta Wakil Ketua Umum Jalasenastri, Anggota DPR RI dan DPD RI utusan Sulut, Ketua TP-PKK Sulut, Wakil Gubernur Sulut dan Sekretaris TP-PKK Sulut, mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Konjen Filipina di Manado, Dubes Taiwan, Forkopimda Sulut, anggota DPRD Prov. Sulut, para Rektor dan Direktur Perguruan Tinggi di Sulut.

Menariknya, para pejabat dan tamu undangan yang hadir, mengenakan pakaian adat daerah, baik pakaian adat Minahasa, Nusa Utara dan pakaian adat Bolaang Mongondow.

Setelah itu, dilanjutkan parade kapal layar dan marching band, atraksi tiga pesawat tempur siluman F-35 di langit Provinsi Sulut.

Sebelum itu, terdengar dentuman keras bunyi tembakan meriam (peluru kosong) milik KRI Yos Sudarso 353 yang menjadi tanda, Gubernur Prof DR (HC) Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Drs. Steven OE Kandouw (OD-SK) telah menjadi bagian keluarga dari TNI Angkatan Laut (AL), setelah penyematan Brevet Kehormatan yang diberikan langsung Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sejumlah pertunjukan atraksi seperti, demo baris berbaris pasukan elit TNI AL, parade Kapal Layar, Marching Band yang diikuti puluhan peserta, atraksi manuver tiga pesawat tempur “Siluman” F-35, terjun payung serta atraksi pesawat Jupiter Acrobatic di langit Nyiur Melambai.
Atraksi tersebut menyita perhatian masyarakat Sulut. Banyak masyarakat yang mengabadikan moment langka tersebut. Apalagi pesawat siluman tersebut terbang rendah dengan gerakan akrobatik.(*)

Postingan Lainnya

Pemprov Sulut Salurkan Bantuan Erupsi Gunung Ruang Tagulandang, Malam Ini Dipastikan Tiba

red01

Konas XVI FK-PKB PGI Dihelat September 2023, Wagub Kandouw: Sulut Siap Jadi Tuan Rumah Yang Baik

red01

Pelantikan Dokter dan Dokter Gigi, Rektor Unsrat: Pegang Teguh Etika Profesi dan Junjung Tinggi Rasa Kemanusiaan

red01